Renovasi Balkon Minimalis

Balkon adalah salah satu bangunan yang hanya bisa didirikan pada rumah atau bangunan bertingkat untuk melindungi bagian yang ada di bawahnya. Desain balkon sendiri sangat beragam tergantung dengan kebutuhan dan tema yang diinginkan. Khusus untuk balkon minimalis, ada beberapa desain yang bisa dicoba untuk mengurangi efek ukurannya yang kecil, misalnya penggunaan railing kaca sebagai pendukung tampilan yang lebih elegan.

5 Desain Balkon Minimalis

Dalam membangun balkon untuk rumah minimalis, diperlukan desain khusus yang sesuai dengan tampilannya. Jika hal ini diabaikan, maka balkon yang berukuran kecil akan terlihat lebih sempit walaupun desain nya menarik. Berikut beberapa model balkon yang cocok untuk ukurannya yang kecil.

1. Balkon Hijau

Renovasi Balkon Minimalis

Setiap tempat tinggal membutuhkan kesegaran dan ketenangan untuk memberikan kenyamanan yang maksimal kepada penghuninya. Oleh sebab itu, dengan adanya balkon anda bisa menyulap hunian lebih segar dan menarik untuk ditinggali. Bahkan ukuran balkon yang minimalis dengan railing kaca ataupun bahan apapun tidak menjadi kendala yang besar.

Manfaatkan tanaman gantung mini untuk menghiasi railing balkon agar lebih hijau, selain itu anda juga bisa menggunakan tanaman rambat untuk menyaring debu yang masuk melalui balkon. Dengan demikian suasana rumah anda tidak hanya lebih hijau dan segar, namun juga sehat untuk ditinggali dalam waktu yang lama.

2. Balkon dengan Sebuah Kursi Santai

Renovasi Balkon Minimalis

Desain kedua yang bisa anda tiru adalah menggunakan kursi santai sebagai ikon utama dari balkon yang anda miliki. Pilihlah sebuah kursi yang unik dengan ukuran agak besar agar tidak hanya bisa dilihat dalam ruangan namun juga dari luar.

Desain ini sangat sederhana dan simpel untuk menghiasi balkon yang berukuran minimalis. Anda tidak perlu menggunakan banyak perabotan ataupun memilih desain balkon yang mahal, cukup gunakan yang polos dan terbuka, untuk menampilkan kursi yang unik dan elegan.

3. Balkon Kaca

Renovasi Balkon Minimalis

Balkon kaca bukan berarti menggunakan bahan kaca sebagai penopang yang menggantikan bahan beton, namun lebih kepada railing kaca yang digunakan. Penggunaan railing yang berbahan dasar kaca ini akan sangat memudahkan anda dalam menuangkan ide yang lebih kreatif. Selain itu, anda juga bisa membiarkannya polos tanpa hiasan apapun, namun tetap harus diimbangi dengan tampilan rumah yang menarik. Dengan demikian, anda tidak membutuhkan banyak biaya dan furniture sebagai desain tambahannya.

4. Balkon Dengan Furniture Mini

Renovasi Balkon Minimalis

Karena ukuran balkon minimalis sangat terbatas, maka pemanfaatan furniture mini merupakan salah satu ide menarik yang bisa digunakan untuk menghiasinya. Anda bisa menyulap balkon menjadi tempat santai atau menerima tamu dengan kursi dan meja yang berukuran lebih kecil. Anda juga bisa menjadikan balkon sebagai tempat berbaring santai dengan meletakkan kasur mini lengkap dengan bantalnya. Namun, pastikan plafon yang menutupi balkon sudah dilapisi dengan formula waterproof untuk menghindari kebocoran yang bisa merusak kasur.

5. Balkon dengan Railing Horizontal

Renovasi Balkon Minimalis

Desain terakhir yang sangat cocok digunakan untuk mendesain balkon minimalis adalah memanfaatkan railing yang berbentuk horizontal. Garis-garis horizontal yang digunakan akan membuat balkon anda terlihat lebih luas daripada aslinya. Agar lebih menarik, pilihlah balkon horizontal yang memiliki ukiran jika terbuat dari bahan kayu. Sedangkan jika menggunakan bahan aluminium atau besi, gunakan yang berwarna hitam dengan motif ataupun pola yang unik.

Demikianlah beberapa desain yang bisa anda coba untuk menunjang penampilan rumah dengan balkon minimalis. Desain di atas, ada yang membutuhkan banyak biaya ada juga yang tidak karena harga bahannya yang terjangkau. Oleh karena itu, anda harus mampu menyesuaikan desain dengan budget untuk mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti railing kaca ataupun tanaman hias.

Renovasi Balkon Minimalis Anda Jadi Menarik dengan 5 Desain Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *