Perbedaan Kabel NYYHY dan Kabel NYFGBY

Dalam dunia kelistrikan terdapat berbagai jenis kabel yang sering dipakai, terkadang penggunaannya jadi salah akibat nama-nama kabel yang hampir sama. Dua contoh yang kadang membuat teknisi listrik bingung adalah kabel nyyhy dan nyfgby, padahal sebenarnya kedua kabel ini punya perbedaan yang cukup signifikan. Anda mau tahu apa bedanya?

Perbedaan Kabel NYYHY dan Kabel NYFGBY

7 Perbedaan Kabel NYYHY dan Kabel NYFGBY

Setidaknya ada tujuh perbedaan dari kedua kabel listrik ini, berikut penjelasannya.

1. Penggunaan

Jenis nyyhy biasanya dipakai untuk kebutuhan sambungan listrik alat rumah tangga skala kecil, tidak bersifat permanen. Misalnya sambungan listrik untuk menghidupkan penanak nasi, blender dan alat lainnya.

Sedangkan kabel byfbgy digunakan untuk instalasi listrik rumahan bawah tanah, yang membutuhkan perlindingan maksimal. Misalnya Anda memiliki instalasi di ruangan basement yang terbuka guna menghidupkan dan mematikan lampu. Atau bisa juga instalasi listrik publik bawah tanah, untuk meminimalisir terjadinya kerusakan kabel akibat berbagai masalah.

2. Komponen

Komponen dari kabel nyyhy terdiri dari kabel inti N terbuat dari tembaga, kemudian komponen Y yang merupakan isolasi terbuat dari PVC. Lalu untuk H adalah kabel jenis fleksibel yang berbentuk serabut, terakhir komponen Y yang menjadi selubung bagian luar dari kabel berupa isolasi PVC.

Perbedaannya dengan kabel nyfgby terletak pada komponen f atau sering juga disebut r yang merupakan pelindung kawat yang dibuat dari baja berbentuk bulat, komponen gb yang letaknya dililitkan pada plat baja di dalam kabel tersebut. Selebihnya, komponen kedua kabel ini sama.

3. Jenis Inti

Inti dari nyyhy berbentuk serabut atau tembaga jenis fleksibel yang biasanya berwarna hitam. Beda dengan nyfgby yang memiliki inti lebih dari satu dan terlindung oleh pelat baja. Bahan pembuatannya bisa dari tembaga atau aluminium, jika ingin digunakan untuk pemasangan jaringan listrik yang terdapat di udara.

4. Kelebihan

Untuk jenis nyyhy memiliki kelebihan dari segi pemasangan yang relatif mudah, karena komponennya sudah terpasang sempurna. Jadi Anda orang awampun bisa menggunakannya tanpa masalah.

Kabel nyfgby memiliki kelebihan dari segi isolator yang tergolong paling baik, sehingga menjadi jenis kabel listrik yang punya kekuatan paling maksimal dibandingkan kabel lainnya.

5. Daya Listrik Yang Diakomodir

Untuk kabel nyyhy daya listrik yang diakomodir menggunakannya adalah maksimal 900 watt, karena inti serabutnya hanya mampu menahan hingga daya tersebut. Jika lebih bisa menimbulkan arus pendek dan membahayakan hunian Anda.

Sedangkan kabel nyfgby bisa menampung daya lebih dari 900 watt, karena komposisi kabelnya yang lebih kuat dan terlindungi. Makanya banyak digunakan untuk instalasi di ruang terbuka. atau bawah tanah.

6. Harga

Kabel jenis nyyhy memiliki harga lebih murah ketimbang nyfgby, hal ini karena komponen di dalamnya. Dimana kabel nyfgby punya komponen yang lebih solid, kuat, dan tahan lama bahkan untuk penggunaan outdoor. Biasanya soal harga tergantung pada besaran kabel, jumlah inti, dan pabrikan yang memproduksi kabel tersebut.

7. Perlindungan Tambahan

Penggunaan kabel jenis nyyhy memerlukan perlindungan tambahan, jika ingin dialiri listrik bertegangan di atas kapasitasnya. Bisa berupa pipa PVC, duct atau pipa yang terbuat dari besi.

Terutama untuk pemakaian di luar ruangan, dengan kondisi lingkungan lembab atau terlalu kering.

Kalau kabel nyfgby tidak butuh pelindung tambahan, karna lapisan yang ada pada kabel ini sudah cukup sebagai pelindung maksimal.

Itulah sederet perbedaan dari kabel nyyhy dan nyfgby, Anda bisa menjadikannya acuan saat akan digunakan. Walaupun sejatinya kedua kabel ini punya kualitas mumpuni dalam mengalirkan listrik, selama digunakan sesuai kapasitas dan kelebihannya masing-masing.

Perbedaan Kabel NYYHY dan Kabel NYFGBY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *