Kekurangan Kusen Aluminium

Material atau bahan-bahan bangunan merupakan elemen utama dalam proses pembangunan suatu hunian. Dari sekian banyak jenis material, kusen aluminium termasuk ke dalam golongan bahan bangunan yang cukup penting dan populer di kalangan masyarakat. Bukan karena harganya yang cukup terjangkau, namun bahan aluminium ini memiliki banyak sekali keunggulan yang tidak dimiliki bahan bangunan lainnya. Dan itulah yang menjadi ciri khas serta daya tarik dibalik banyaknya orang yang tertarik untuk menggunakannya.

Dalam suatu hunian, penggunaannya sering diaplikasikan sebagai jendela, pintu aluminium kamar mandi dan beberapa orang bahkan banyak yang menggunakannya sebagai pintu aluminium garasi tempat menyimpan kendaraan. Berbeda dengan besi, bahan aluminium memiliki ketahanan anti karat yang baik sehingga tidak akan membuatnya keropos ataupun mengalami perubahan bentuk dan warna. Selain itu, tampilannya yang simpel begitu diminati karena mampu menjadikan ruangan terlihat lebih serasi.

Dalam hunian modern, pintu aluminium pada kamar mandi bahkan tidak pernah luput untuk digunakan. Kehadirannya benar-benar sangat menguntungkan sehingga membuat desain ruang kamar mandi menjadi terlihat semakin elegan. Namun dari berbagai kelebihan yang dimiliki kusen aluminium, tentu saja tidak membuatnya terlepas dari kekurangan. Sama seperti material lainnya, aluminium pun memiliki beberapa kekurangan yang harus diketahui. Dan bagi Anda yang belum mengetahui apa saja kekurangannya, simaklah uraiannya berikut ini!

4 Kekurangan Kusen Aluminium

1. Desain Sangat Terbatas

Kekurangan Kusen Aluminium

Jika material lain seperti kusen berbahan kayu mudah untuk dibentuk dan didesain dengan sangat unik, maka hal itu tidak dapat dilakukan pada kusen aluminium. Dengan design yang terbatas, maka terkadang kehadirannya menjadi sangat monoton karena tidak dapat divariasikan sesuai dengan selera dan tema ruangan. Maka dari itu, penggunaannya lebih sering diaplikasikan sebagai pintu aluminium kamar mandi saja dan sangat jarang digunakan untuk keperluan interior lainnya.

2. Perbaikan Cukup Rumit

Kekurangan Kusen Aluminium

Apabila terjadi kerusakan seperti misalnya terdapat beberapa baut yang terlepas atau terdapat beberapa potongan kusen yang terlepas, maka perbaikannya membutuhkan proses yang cukup rumit. Hal itu terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama hingga harus melakukan pembongkaran seluruhnya.

3. Rentan Terjadi Kebocoran

Meski tahan terhadap korosi, namun akibat pemasangan yang tidak tepat atau memiliki celah pada bagian sisinya, terkadang kusen aluminium akan menyebabkan kebocoran yang membuat air masuk ke dalam ruangan. Namun sebenarnya kekurangan ini bisa diminimalisir dengan cara melakukan pemasangan dengan sangat tepat tanpa adanya celah sedikitpun.

4. Proses Pemasangan yang Rumit

Kusen aluminium memiliki tekstur dan kepadatan yang baik sehingga bahannya tidak bersifat elastis dan tidak mudah untuk dibentuk. Saat hendak melakukan pemasangan, sebaiknya tempat yang akan dipasangi kusen aluminium harus dilakukan pengukuran terlebih dahulu sehingga pada saat proses pemasangan tidak akan terjadi ketidaksesuaian antara ukuran tempat dengan kusen aluminiumnya.

Tak hanya pengukuran saja, Anda juga harus memperhatikan baut-baut ataupun sekrup yang akan digunakan. Untuk menghindari hasil yang buruk, sebelum memasang kusen aluminium sebaiknya Anda harus memilih baut dan sekrup yang cocok dan sesuai. Biasanya kesalahan pemasangan kusen aluminium akan sering terjadi akibat sekrup dan bautnya yang tidak sesuai.

Dengan proses yang rumit ini, proses pemasangan pun membutuhkan waktu yang sangat lama. Dan kesalahan kecil yang terjadi biasanya akan membuat seseorang harus mengeluarkan banyak beban pengeluaran yang lebih ekstra. Dikemudian hari, apabila terjadi kerusakan proses perbaikannya pun akan menjadi sangat rumit dan hal inilah yang menjadi kekurangan utama dari kusen berbahan aluminium.

Inilah 4 Kekurangan Kusen Aluminium yang Harus Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *