5 Desain Kamar Tidur Ukuran 3×3 Minimalis untuk Anak Perempuan

Anak Merasa Senang Mendapat Kamar. Kebanggaan, itu yang dirasakan ketika mendapat kamar untuk yang pertama kalinya. Kebanggaan itu karena sudah dipercaya mengelola kamarnya sendiri. Termasuk juga bagi anak perempuan.

Namun Bunda hanya mempunyai kamar untuk si buah hati dengan ukuran yang kecil. Bunda tak perlu berkecil hati, karena desain kamar tidur ukuran 3×3 dapat dibuat dengan sangat manis. Tentu, itu sangat membuat anak perempuan Bunda nyaman dengan kamarnya.

Desain kamar tidur ukuran 3 x 3 sangat recommended bagi Bunda yang punya rumah yang juga minimalis. Mungkin banyak yang yang mengira jika kamar besar adalah nyaman.

Hal ini karena dapat lebih leluasa menaruh barang sesukanya. Padahal belum tentu. Tergantung bagaimana mendesainnya.

Kamar Sendiri Membuat Anak Mandiri dan Otak Terjaga

Meski minimalis, tetap bisa memenuhi kebutuhan untuk istirahat yang berkualitas. Tidur tetap nyenyak dan nyaman. Jika ditata dengan tepat, hal itu akan dirasakan.

Apa lagi jika ini adalah pertama kalinya anak diberi kamar, maka hal ini juga untuk mengajarkan mandiri.

Mandiri dalam mendesain, menata dan merawat kamarnya sendiri. Maka anak akan terbentuk jiwa tanggung jawabnya.

Baca Juga : Warna Cat tembok Kamar

Sebelum membahas desain, secara psikologi, ada saran usia untuk mengajarkan anak tidur dalam kamar sendiri.

Menurut Psikolog Anak dan Remaja, Ratih Zulhaqi, “Umur 2 tahun sudah bisa dipisah tidurnya dengan orang tua.” Ratih menambahkan, “Maksimal 5 tahun.”

Selain melatih tanggung jawab dan mandiri, juga menghindari anak melihat hal yang tidak sepantasnya. Maksudnya, ketika Ayah Bunda sedang berhubungan suami istri.

Dampaknya akan buruk. Sebab, jika otak seorang anak belum siap menerima terkait seks, maka akan menyebabkan otak ingin melihat lagi dan lagi.

Ada kasus, anak orang tua yang masih tidur dengan anak perempuannya. Kemudian si anak melihat orang tuanya sedang melakukan hubungan badan. Maka otak anak merekam bahwa hal tersebut wajar dilakukan olehnya.

Maka suatu ketika sopir yang sering mengantar jemput ia sekolah melakukan pelecehan seksual, ia diam saja. Dalam benak anak, hal itu sama seperti yang Ayah Bunda lakukan, maka boleh. Bunda tak mau bukan?

Maka jika sudah umur 2 tahun, segeralah buat kamar untuknya. Tak masalah meski kecil, desain kamar tidur ukuran 3×3 untuk anak perempuan Bunda.

Biasanya, pada awalnya, putri Bunda akan merasa takut. Maka baiknya, berilah pengertian sebelum benar-benar dipisahkan.

Jangan tanpa pemberitahuan sama sekali. Hal itu bertujuan agar anak merasa dilibatkan, merasa dihargai pendapatnya dan tentunya anak siap dengan kamar terpisah.

Berilah pengertian, bahwa ia sudah besar yang harus mencoba untuk tidur sendiri. Setelah diberi pengertian, maka desainlah kamar yang unik.

Sekali lagi meskipun kamar kecil, jika desainnya menyenangkan, putri Bunda tak akan merengek-rengek meminta tidur sekamar.


Desain Kamar Tidur Ukuran 3 x 3 untuk Anak Perempuan


Melalui artikel ini, Bunda akan diajak mengetahui desain kamar tidur ukuran 3 x 3 untuk anak perempuan yang minimalis.

Ini bisa jadi referensi sehingga membantu Bunda agar tidak pusing memikirkannya. Langsung saja simak desain unggulan untuk Bunda:

#1 Desain dengan Dominan Warna yang Anak Suka

Image Source: 2004homeofexcellence.com

Desain dengan Dominan Warna yang Anak Suka

Desain kamar tidur ukuran 3 x 3 ini menggunakan tema dengan mengunggulkan warna dominan untuk semua barang.

Mulai dari temboknya, kasur, selimut, meja elajar, kursi belajar, lemari pajangan, hingga karpet di kamar tidurnya. Termasuk juga lampu tidurnya.

#2 Desain dengan Kartun Kesukaan

Image Source: bosidolot.com

Setiap anak mempunyai karakter kesukaan. Untuk mendesain kamar tidur impian anak, Bunda harus mengetahui nih karakter favorit anak Bunda supaya anak bisa lebih betah tidur dikamar impiannya.

Bisa juga Bund, dengan memadukan tokoh kartun yang ia suka hingga memberikan pernak-pernik sesuai tokoh kartunya.

Bagaimana ia tak betah kan Bund? Setiap ia melihat seluruh isi kamarnya, adalah tokoh kartu favoritnya. Bisa jadi, tak butuh lama membuat puntri Bunda mau tidur sendiri.

Image Source: biocenit.cat

Ini juga diambil dari tokoh kesukaannya. Bahkan tak hanya perlengkapan tidur. Tetapi juga dinding kamar tidurnya ditempel tokoh kartun kesukaannya.

Image Source: futuristarchitecture.com

Jika anak perempuan Bunda Kembar, maka desain kamar tidur 3×3 pun bisa dibuat dengan nuansa kembar.

Mulai dari kasur, bantal, seprei dan dipan yang sama. Tak hanya ukuran yang sama, namun juga warna dan model yang benar-benar sama.

Selain peralatan tidur, ada pula peralatan bermain untuk si kembar. Peralatan bermain yang jumlahnya sama dan warna yang senada. Juga termasuk pigura dan pernak-pernik yang lainnya.

Tapi jika memang mereka adalah kembar yang berbeda dan menginginkan kamar berbeda, jangan sekali-kali memaksakan kehendak.

Artinya biarkan anak berbeda kesukaan, yang ingin berbeda kamar dan berbeda juga barang di dalamnya. Kembar tak mesti sama.

Meski ia kembar identik, pada dasarnya mereka adalah individu atau jiwa yang berbeda.

#3 Sesuaikan Hobi

Image Source: homify.com

Jika anak Bunda sering bermain nahkoda-nahkodaan yang mengarungi samudera luas, maka desain tempat tidur ini cocok sekali.

Tak hanya anak laki-laki yang suka bermain seperti itu. Anak perempuan pun bisa.

Namun pada pada poinnya, adalah ketahui betul hobi anak Bunda, supaya tidak salah desain. Bisa juga, tanyakan desain seperti apa yang diinginkan.

Image Source: pinterest.com

Ini juga melihat hobi anak Bunda yang suka bermain rumah-rumahan. Nah, karna itu justru menjadi alasan agar ia mau berpisah kamar dengan Ayah Bundanya.

Jadi, sekalian saja buatkan kamar untuknya. Anak Bunda pasti suka dibuatkan kamar yang mengeksplore imaginasi.

Baca juga : Desain Kamar Mandi

#4 Desain Kamar sesuai Kharakter Game

Image Source: hautecuisineimports.com

Anak Bunda suka ngegame Super Mario Bros? Desain ini cocok untuk anak Bunda. Game ini menandakan orang yang sederhana seperti kharakter dalam game dan suka dalam permainan strategi.

Membuat desain kamar tidur ukuran 3×3 dengan kharaker game dapat membuat anak menjadi lebih semangat dalam belajar dan tidur dengan nyaman.

Apalagi desain kamar tidurnya menggunakan tema karakter favorit yang anda bunda suka.

#5 Desain Kamar Edukatif

Image Source: trendehouse.com

Desain kamar tidur ukuran 3×3 kali ini dengan tujuan edukatif. Edukatif diartikan bahwa ada unsur pendidikan yang ditanamkan pada anak.

Gambar di atas menunjukkan desain untuk mengajarkan anak cinta pada alam dengan menjaga.

Namanya orang tua, dalam mendidik anak tidak hanya melalui bangku sekolah saja. Tapi harus kreatif dalam segi aspek seluruh lini kehidupan sang anak.

Bisa juga dengan menambah rak buku seperti gambar di bawah ini. Ini akan mendekatkan anak dengan buku dan cinta buku.

Anak menjadi terbiasa dengan buku sejak kecil. Ini penting sekali Bunda, sebab buku adalah jendela dunia.

Namun yang perlu digaribawahi, buku tak hanya buku sekolahnya ya Bund. Buku bacaan pun diperlukan bagi tumbuh kembang otak anak.

Image Source: edufast.me

Demikian contoh desain kamar tidur ukuran 3×3 untuk anak perempuan. Semoga Bunda tak pusing lagi mendesain kamar untuk sang buah hati. Dan tentunya, anak Bunda nyaman dengan kamar barunya.

Keyword: desain kamar tidur ukuran 3×3

Add Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.