Salah satu cara mendekorasi ruangan yang paling instan dan mulai banyak diminati masyarakat adalah dengan memanfaatkan wallpaper. Walaupun sebagian orang enggan menggunakannya karena alasan tidak awet, namun pada kenyataannya, beragam variasi bahan yang tahan lama terus bermunculan. Dengan demikian, pemilihan wallpaper dinding  untuk dekorasi adalah pilihan yang tepat, namun ada banyak hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan pemasangan agar fungsinya lebih maksimal.

Pasang Wallpaper

4 Hal yang Wajib Diperhatikan Jika Ingin Pasang Wallpaper

Bagi mereka yang sudah terbiasa melakukan pemasangan wallpaper, maka beberapa hal penting yang berkaitan tentu sudah diketahui dan menjadi bahan pertimbangan. Namun, jika anda baru pertama kali akan melakukan pemasangan wallpaper, maka hal berikut wajib diperhatikan.

1. Ukuran Wallpaper yang Sesuai dengan Dinding

Ukuran Wallpaper

Hal pertama yang harus diperhatikan seseorang ketika ingin memasang wallpaper adalah ukuran yang sesuai dengan dinding yang digunakan. Wallpaper dinding murah sendiri memiliki dua variasi ukuran, pertama yang paling kecil dengan panjang 10 meter, dan lebar 53 cm. Sementara yang ke dua adalah berukuran besar dengan panjang 15 meter dan lebar 106 cm.

Jika anda memiliki rumah minimalis, tentu gambaran ukuran dinding yang dimiliki bisa di perkirakan dengan wallpaper yang dibutuhkan, yakni berukuran lebih kecil. Jika hal ini diabaikan, maka tampilan ruangan tentu tidak maksimal, akibat wallpaper kebesaran sehingga harus melakukan pemotongan. Bahkan, motifnya yang menarik menjadi terlihat buruk karena terpotong pada bagian yang penting.

2. Bahan Wallpaper yang Digunakan

Bahan Wallpaper

Wallpaper memiliki beragam bahan yang memiliki keunggulan dan ciri khas masing-masing sehingga bisa dimanfaatkan sesuai kondisi seperti vinyl, kain, foil, hingga beludru. Sebelum memasang wallpaper, karakteristik dari beberapa bahan ini terlebih dahulu wajib dikenali, agar bisa menempel sempurna dengan dinding dalam ruangan rumah anda.

Jika kondisi rumah tergolong sangat lembab karena berada di dataran rendah ataupun dekat pantai, maka bahan wallpaper yang cocok digunakan adalah vinyl karena tahan terhadap kondisi lembab ataupun berminyak. Jika rumah dalam kondisi lembab, namun menggunakan bahan kain, maka wallpaper akan mudah apek dan tentunya merusak suasana di ruangan. Oleh sebab itu, karakteristik bahan serta kondisi rumah harus diketahui terlebih dahulu.

3. Pemilihan Motif  Wallpaper yang Sesuai

Motif  Wallpaper

Karena fungsi utama dari wallpaper adalah untuk kepentingan dekorasi, maka pemilihan motif tentu menjadi hal yang tidak boleh diabaikan. Namun, dalam memilih motif, anda tidak bisa sekadar menentukan yang sesuai dengan selera tanpa menyesuaikan dengan dekorasi utama dalam rumah.

Jika rumah memiliki dekorasi yang mewah dan elegan, maka motif yang dipilih pun harus mewah, seperti wallpaper dinding 3D dengan warna gold atau silver. Dengan demikian, keselarasan motif dan tema rumah akan terjaga, sehingga  tampilannya menjadi lebih maksimal.

4. Permukaan Dinding yang Diaplikasikan

jasa pasang wallpaper

Walaupun menggunakan jasa orang lain untuk melakukan pemasangan, anda juga harus mengetahui permukaan dinding yang tepat untuk diaplikasikan wallpaper. Pastikan permukaannya rata dan tidak mengandung debu agar ketika wallpaper ditempelkan bisa merekat sempurna.

Selain itu, jika ada bagian dinding yang rapuh sebaiknya diruntuhkan, lalu diganti dengan yang lebih kokoh. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerusakan wallpaper akibat struktur dasar bangunannya yang tidak baik.

Demikianlah empat hal yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk mendekorasi ruangan menggunakan wallpaper dinding. Dengan demikian, ruangan anda tidak hanya menjadi lebih menarik, namun dinding dasarnya akan mendapat perlindungan yang maksimal dari wallpaper berkualitas yang digunakan.

Ini Dia 4 Hal yang Wajib Kamu Tahu Jika Ingin Pasang Wallpaper Ruangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *